Detail Publikasi Berita

Gubernur Bahas Evaluasi PSBB dan Pembagian Bansos Dampak Covid 19

Admin Dinkes News Update 03 Mei 2020 01:27:48 WIB

Padang - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit, Sekda  Drs. Alwis dan beberapa OPD terkait mengadakan pertemuan membahas evaluasi PSBB dan kesiapan data oleh Kabupaten / Kota terkait penerima bantuan sosial Covid-19.

Pemprov Sumbar telah menyiapkan dana bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak covid-19 melalui proses pendataan oleh Kab/Kota masing-masing di Aula Kantor Gubenur, Senin (27/04/2020).

Gubernur Irwan Prayitno katakan, bagaimana Bansos ini segera dapat membantu masyarakat yang terdampak penanganan covid 19, sehingga pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dapat dilaksanakan masyarakat dengan baik di lapangan. 

" Saat ini disadari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar baru efektif dalam menjaga arus masuk dan keluar di perbatasan dan lalu lintas antar kota dan kabupaten di dalam provinsi. Belum

Sementara PSBB masih belum terlalu efektif di pasar-pasar tradisional dan rumah ibadah seperti masjid dan mushola. “Pasar-pasar yang bukan pasar milik Pemda seperti pasar rakyat dan tempat ibadah itu masih ramai. Di masjid masih ada yang sholat Jumat dan tarawih,” katanya 

Gubernur memaklumi di pasar tradisional masih ramai dikunjungi masyarakat. Karena pasar tradisional menyediakan kebutuhan pokok. Terlebih di bulan Ramadhan, kebutuhan pokok cukup meningkat terutama untuk sembako.

Ia menyarankan pemerintah kota dan pemerintah kabupaten yang ada di Sumbar menegaskan physical distance dengan memperluas area pasar. Contoh yang telah memperluas area pasar agar sesama pedagang dan pembeli tidak berdempet-dempetan adalah di Pasar Bawah Bukittinggi atau Pasar Banto.

Kemudian di tempat ibadah, Pemprov Sumbar mengimbau masyarakat mematuhi fatwa MUI agar sholat Jumat dan sholat tarawih tidak dilakukan di masjid sementara waktu sampai virus corona teratasi. Dikhawatirkan bila masjid masih ramai, mata rantai penularan covid-19 di Sumbar masih terus berkembang.

“Selama PSBB, itu sudah berjalan cukup baik untuk perbatasan dan lalu lintas. Pasar dan tempat ibadah ini yang masih susah,” katanya. 

Publikasi Terkini Lainnya

Gubernur Sumbar Bersama Forkop

13 Mei 2020 15:35:11 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Sumbar : Psbb Berhasi

13 Mei 2020 15:24:22 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Sumbar Vicon Dengan S

13 Mei 2020 14:56:40 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Pimpin Ratas Tentang

13 Mei 2020 14:49:50 WIB.

Lihat Berikutnya

Website Corona