Detail Publikasi Berita

Sumatera Barat Akan Terapkan PSBB Lawan Penyebaran Covid 19

Admin Dinkes News Update 18 April 2020 22:55:22 WIB

Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerahnya direncanakan akan dimulai pada Rabu depan (22/4). Dan Sumbar telah mendapatkan izin PSBB dari Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan PSBB.

Dalam penerapan PSBB, Pemprov Sumbar telah menyiapkan berbagai hal, pedoman teknis, surat-surat edaran, aturan dan memantapkan konsep bersama seluruh instansi terkait, dengan pemerintah kota dan kabupaten dan juga melakukan sosialisasi kepada semua warga.

"Direncanakan Rabu 22 April sudah dapat kita mulai PSBB untuk dua minggu 14 hari lamanya," kata Irwan Prayitno di Aula Kantor Gubernur seusai Rapat Teksnis pembahasan PSBB dengan OPD dilingkungan pemperov Sumbar, Sabtu (18/4/20).

Gubernur jelaskan jika di mulai Rabu depan PSBB di Sumbar akan selesai pada Rabu (6/5) nanti untuk menjadi tahap pertama. Jika belum berhasil akan diperpanjang lagi pada tahap kedua.

Irwan Prayitno menjelaskan hari ini Pemprov Sumbar masih merapatkan pematangan konsep bersama instansi terkait. Pemprov kemudian akan melakukan rapat bersama seluruh bupati dan wali kota di Sumbar untuk mendapatkan kesepakatan dan kesepahaman pada hari senin depan.

Irwan Prayitno menjelaskan PSBB di Sumbar sedikit berbeda dengan PSBB yang dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta.

"Di Sumbar masing-masing bupati dan wali kota punya kewenangan tersendiri di wilayahnya. Beda dengan DKI Jakarta di mana semua wali kota langsung di bawah kendali Gubernur", ujarnya

Irwan berharap semua bupati dan wali kota punya kesepahaman dan kesepakatan yang sama supaya penerapan PSBB di Sumbar berjalan efektif untuk menangani antisipasi penyebaran virus corona.

Selain berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di Sumbar, Pemprov kata Irwan juga akan menyurati Pemprov lain terutama daerah kabupaten yang berbatasan di Sumbar. Karena nanti Sumbar akan meminta izin ke Pemkab perbatasan Sumbar untuk memasangkan bilboard sosialisasi.

"Provinsi tetangga nanti akan kita surati udah kita siapkan. Karena kita akan membuat sosilasasi himbauan Baliho, Spanduk dan selebaran mengumuman untuk orang datang dari daerah luar yang berbatasan dengan Sumbar agar tahu kalau Sumbar sedang memberlakukan penerapan PSBB," ucap Irwan Prayitno.

Publikasi Terkini Lainnya

Gubernur Sumbar Bersama Forkop

13 Mei 2020 15:35:11 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Sumbar : Psbb Berhasi

13 Mei 2020 15:24:22 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Sumbar Vicon Dengan S

13 Mei 2020 14:56:40 WIB.

Lihat Berikutnya

Gubernur Pimpin Ratas Tentang

13 Mei 2020 14:49:50 WIB.

Lihat Berikutnya

Website Corona